Sabtu, 12 Maret 2016

Belajar dari Orang-orang Gagal

Minggu lalu saat baca-baca facebook ada bacaan motivasi dari quote orang-orang yang pernah gagal namun akhirnya mereka bisa menjadi berhasil dan juga terkenal. 

Nah karena kebetulan saat itu si boy belum belajar, makanya jadi ada ide untuk bisa memberi dia bimbingan dan pelajaran untuk dia.

"Kamu tahu siapa Richard Branson boy??" tanya saya setelah dia membaca quote dari Richard Branson ini. Tentu saja dia belum tahu mengenai si Sir pemilik Virgin Airline ini. Yah seperti biasa, karena ke belum tahuan si boy ini, saya menjelaskan mengenai siapa dia ini secara singkat. Jujur saya sendiri juga belum kenalan sama dia jadinya hanya tahu yang se singkat-singkatnya saja. "Apa menurut kamu inti dari quote dia ini??" tanya saya lagi ke dia. Tentu saja jawaban seorang bocah 9 tahun hanya bisa yang semampunya dia saja. Namun tentu saja kemauan dan usaha dia untuk menggunakan kesempatan dia untuk memberi jawaban itulah yang sangat saya hargai. Kemudian saya memberi tahu apa yang menurut saya inti  dari quote ini.

Ngomongin soal resiko tentu saja sudah berulang kali kami bahas bersama. Nah kebetulan ada quote dari pendiri facebook ini yang bisa saya jadikan bahan pengingat buat membicarakannya lagi bersama si boy. "Resiko terbesar yang bakal kita terima yaitu saat tidak mau mengambil resiko itu sendiri" saya menanamkan pesan ke dia. "Tapi tentu saja kamu harus sudah memikirkannya terlebih dahulu" lanjut saya memberi bimbingan dan pelajaran buat dia ini.

"Don't worry to fail and do the best" boy memberi opini arti dari quote bos Microsoft ini. "Yup, that's right boy" kata saya yang senang mendengar opini dia ini. "Makanya daddy selalu bilang sama kamu do the best and kalau kamu wrong or fail...you just need to learn from it and do it better next time" saya menanamkan pesan buat dia.






 "When something bad happens, there will be something good after"opini dia kali ini mengenai quote dari Jack Ma, pendiri Alibaba ini. "Bisa jadi begitu tapi bisa juga tidak boy" saya memberi opini dari opini dia ini. "Saat kamu mau belajar dari something bad yang kamu alami, maka something good bisa terjadi. Tapi kalau kamu tidak mau belajar dan malah terlarut dan menyesalinya...kamu akan semakin jatuh" lanjut saya memberi ceramah ke dia. Dia memilih quote ini sebagai favorite dari beberapa quotes yang kita baca dan bahas bersama. "Karena aku percaya akan ada yang lebih baik di hari esok" dia memberi penjelasan di balik pilihan dia ini. "Well done boy, kamu artinya optimis" kata saya kepada dia dengan senang.

"Kalau daddy suka yang ini boy" saya memberi pendapat mengenai favorite quote saya ini. "Pengalaman dari orang-orang gagal yang terus belajar dan berusaha untuk bisa berhasil memberi pembelajaran tak ternilai buat kita untuk bisa berhasil juga" alasan saya menyukai quote ini, yang saya sendiri tidak tahu apa dan siapa Abdul Kalam ini, yang mengucapkan quote ini.





Memberi pelajaran untuk anak tentu tidak hanya melalui hal edukasi saja karena pelajaran dan bimingan dalam hal asam garam realita hidup tentu juga sangat di butuhkan oleh mereka agar mereka tidak terkejut saat mereka harus menghadapinya. Dengan membaca dan mendiskusikan pesan dari mantan orang-orang gagal dan mau berusaha adalah salah satu hal termudah yang bisa kita lakukan buat dan bersama mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar